Welcome
image

SMPN 35 KOTA BEKASI

021-.......


JATIWARNA KOTA BEKASI

materi dan tugas BK Kelas 9

Lampiran 1. Uraian Materi

KIAT SUKSES HADAPI UJIAN (US – UN)

Ujian sekolah adalah kegiatan pengukuran pencapaian kompetensi peserta didik yang dilakukan oleh satuan pendidikan untuk memperoleh pengakuan atas prestasi belajar dan merupakan salah satu persyaratan kelulusan dari satuan pendidikan. Mata pelajaran yang diujikan adalah mata pelajaran kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi yang tidak diujikan dalam ujian nasional dan aspek kognitif dan/atau psikomotorik kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia serta kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian yang akan diatur dalam POS Ujian Sekolah/Madrasah.

Ujian Nasional (UN)  adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas. Proses pemantauan evaluasi tersebut dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan pada akhirnya akan dapat membenahi mutu pendidikan. Pembenahan mutu pendidikan dimulai dengan penentuan standar.Penentuan standar yang terus meningkat diharapkan akan mendorong peningkatan mutu pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan standar pendidikan adalah penentuan nilai batas (cut off score). Seseorang dikatakan sudah lulus/kompeten bila telah melewati nilai batas tersebut berupa nilai batas antara peserta didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan peserta didik yang belum menguasai kompetensi tertentu. Bila itu terjadi pada ujian nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara peserta didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, kegiatan penentuan batas kelulusan disebut standard setting.

Manfaat penyelenggaraan UN ini terdapat dalam peraturan pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan, dalam pasal 68 dijelaskan bahwa hasil UN digunakan sebagai salah satu pertimbangan untuk empat hal, Yaitu:

  1. Pemetaan mutu program dan / atau satuan pendidikan
  2. Dasar seleksi Masuk jenjang pendidikan berikutnya
  3. Penentu kelulusan peserta didik dari program dan/atau satuan pendidikan
  4. Pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan dalam upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan

 

Pemerintah berkeinginan Ujian nasional itu dapat memberikan dampak positif untuk meningkatkan kualitas pendidikan Nasional, melalui tujuan diselenggarakan UN:

  1. Mendorong siswa suka belajar
  2. Mendorong guru untuk penguasaan kompetensi
  3. Memberikan informasi detail dan pencapaian kompetensi yang dicapai
  4. Dapat menjadi acuan Antar provinsi
  5. Dapat di gunakan untuk seleksi masuk ke perguruan tinggi

 

 

 

 


Namun demikian, manfaat dan tujuan Ujian Nasional kurang dapat dirasakan karena terjadi banyak kecurangan dan salah aplikasi oleh seorang siswa dan guru dalam menentukan tujuan UN ini sendiri sehingga pelaksanaan UN yang terjadi adalah:

  1. Siswa mementingkan Nilai
  2. Guru dan sekolah fokus mementingkan Nilai bukan Kompetensi
  3. Pembanding antar provinsi kurang bermakna karena terjadi kecurangan dalam pelaksanaan UN
  4. Nilai untuk belum maksimal dijadikan untuk alat seleksi masuk perguruan tinggi

Kiat Sukses Hadapi Ujian

Dengan semakin dekatnya Ujian Nasional maka diperlukan kiat yang efektif dan efisien. Efektif, dalam arti kiat-kiat ini bila dipraktikan akan dapat memberi efek positif bagi kemajuan hasil belajar siswa. Sedang kan efisien dalam arti waktu yang masih ada dapat dimanfaatkan secara maksimal.Adapun kiat-kiat praktis untuk meraih kesuksesan dalam menempuh Ujian Nasional adalah sebagai berikut :

Maksimalkan belajar

Ya, belajar, belajar, dan terus belajar. Itulah yang harus dilakukan. Belajar ekstra keras dan disiplin yang terus menerus harus dilakukan. Belajar dapat dilakukan dengan cara belajar mandiri, kelompok, privat, les atau bimbingan belajar. Mumpung masih ada waktu, maka  para siswa harus belajar lebih baik dari sebelumnya. Ingatlah tidak ada yang sulit jika mau belajar dan berlatih terus menerus.

Membuat peta kemampuan diri

Standar  Kelulusan  (SKL) adalah  cermin  Ujian Nasional. Maka  cobalah  bercermin  dengan SKL pada setiap mata pelajaran yang  diujikan. Bercerminlah secara jujur, dengan begitu kemampuan dan kekurangan akan mudah diketahui. Setelah bercermin pada SKLinilah, saatnya sekarang  membuat peta kemampuandarisetiapmata pelajaran. Dengan peta  kemampuan diri, akan mudah  melangkah dan  memacu kemampuan

Positive thinking dan positive feeling

Dengan  kondisi tersebut, akan mudah  mendapatkan hasil dari apa yang paling se ring dipikirkan dan dirasakan. Itulah inti dari pikiran dan perasaan positif. Artinya, apa yang dipikirkan dan dirasakan saat ini, dengan Ujian Nasional sangat menentukan hasilnya nanti. Bila Anda berpikir dan merasa positif saat ini, maka hasil Ujian Nasional nantinya juga positif. Begitu pula sebaliknya.

Dahulukan soal-soal yang mudah

Salah satu  cara praktis  ketika sedang  menghadapi soal UN, setelah  berdoa tentu nya, adalah  mencermati soal dengan  seksama. Fahami maksud  soal dengan baik, dan jangan sampai salah  memahami maksud soal. Segera tandai soal-soal yang di yakini mudah dan pasti benar bila dikerjakan. Sekali lagi, kerjakan soal yang benar benar mampu diselesaikan dengan benar. Ingatlah, jangan terjebak dengan menger jakan soal selalu menurut urut nomor soal.

Hati-hati dengan Lembar Jawaban Komputer (LJK)

Cara menyikapi hati-hati LJK dapat dilakukan dengan cara diantaranya, menyiapkan dan membawa alat tulis milik pribadi yang 'legal' untuk LJK, hindari kesalahan mengisi data pribadi dan jawaban di LJK pada kolom yang telah ditentukan. Kemudian, bila terjadi kesalahan segera ganti dengan hati-hati sesuai petunjuk. Setelah itu, hati-hatilah saat menebalkan atau menghitamkan pilihan jawaban, dan yakinkan setiap jawaban terbaca oleh komputer.Bila telah selesai, periksa kembali LJK tersebut dan cocokkan data pribadi dengan kartu peserta ujian. Kemudian teliti kembali jawaban sebelum mengumpulkannya kepada pengawas. Kemampuan menjawab benar harus disertai dengan pengisian LJK yang benar pula.

Perbanyak berdoa kepada Tuhan YME

Manusia hanya bisa merencanakan, sedang kan Tuhan yang menentukan. Manusia tidak akan berdaya tanpa pertolongan Tuhan. Yang  tak  kalah  pentingnya  adalah  mendekatkan diri kepada  Tuhan   baik sebe lum, pada saat  dan  sesudah Ujian Na sional.

Mintalah  orang tua  mendoakan  secara khusus  serta perbaikilah perilaku dan pergaulan. Dengan melakukan hal-hal tersebut, otomatis akan banyak orang yang memberi kan doa restu.

Libatkan Tuhan dalam mempersiapkan diri meraih sukses Ujian Nasional. Karena  kesuksesan dalam Ujian Nasional ditentukan oleh kerja keras ditambah dengan strategi belajar yang tepat serta ketekunan berdoa  kepada Tuhan YME. 

Selamat berjuang, semoga kesuksesan dalam menempuh Ujian Nasional menjadi milik kalian.

TUGAS

  1. Buatlah jadwal kegiatan selama 24 jam yang realistis untuk mempersiapkan UNBK . . .
  2. Apakah yang kalian persiapkan untuk menghadapi UNBK baik fisik maupun sikologis. Jelaskan . . .

 

Mon, 16 Mar 2020 @11:07


1 Komentar
image

Mon, 16 Mar 2020 @11:09

Adi Apolos 99

BK kelas 9 dikerjakan dimana bu.... ? dan dikumpulkan kapan ? terimakasih


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

SI KERJA

PENGUNJUNG

Copyright © 2020 SMPN 35 KOTA BEKASI · All Rights Reserved